Tips Memilih Bahan Bangunan Agar Konstruksi Kokoh

Dalam membangun suatu bangunan, pemilihan bahan bangunan adalah salah satu faktor penting yang harus Anda perhatikan. Anda bisa membeli bahan bangunan langsung melalui toko bangunan atau distributor besi seperti dari Buka Bangunan.

Bahan bangunan yang baik tidak hanya bisa dilihat dari segi harga, namun juga ada sejumlah faktor lainnya. Penasaran apa saja tips memilih bahan bangunan agar bangunan yang dihasilkan tetap kokoh dan dapat bertahan lama?

Tips Memilih Bahan Bangunan

Bahan bangunan bisa Anda dapatkan di mana saja, umumnya di toko bahan bangunan atau toko matrial pasti menyediakannya. Tetapi, pastikan Anda memperhatikan bahan bangunan dari berbagai faktor saat membelinya. Berikut ini merupakan deretan tips memilih bahan bangunan.

1. Pertimbangkan Kegunaannya

Hal pertama yang harus Anda perhatikan ialah memperhatikan kegunaannya. Pertimbangkan terlebih dahulu penggunaan suatu ruangan atau area yang akan dibangun. Apakah area tersebut akan sering digunakan atau hanya sesekali saja.

Tidak hanya itu, pertimbangkan juga apakah ruangan tersebut sering terkena sinar matahari atau tidak. Lalu, apakah ruangan tersebut akan digunakan untuk tempat yang dapat menampung beban dengan tekanan tinggi atau tidak.

Hal-hal demikian tentu menjadi faktor bahan bangunan seperti apa yang harus Anda pilih. Biasanya, batu alam dipilih karena tahan lama dan mampu menahan beban dengan baik. Kemudian, ada juga beton yang digunakan sebagai alternatif batu alam.

2. Cari Kualitas yang Bagus

Tips selanjutnya dalam memilih bahan bangunan ialah cari bahan yang kualitasnya bagus. Pastikan Anda memilih bahan bangunan berkualitas baik untuk hasil bangunan yang baik pula. Jika Anda asal memilih bahan bangunan yang kualitasnya tidak terlalu bagus, bisa saja mengakibatkan kerusakan pada bangunan Anda.

Bata sangat tahan lama dan mudah dirawat serta mempunyai sifat isolasi termal yang baik. Hanya saja pastikan Anda memilih bata yang berkualitas tinggi untuk memastikan keamanan dan keandalan bata tersebut.

Satu hal lain yang perlu diperhatikan yaitu pastikan Anda selalu memeriksa label produk sebelum membeli bahan bangunan. Label harus mencantumkan informasi tentang bahan, kualitas, dan cara penggunaannya.

3. Memilih Material yang Tahan Api

Selanjutnya yaitu memilih material yang tahan api. Pemilihan bahan bangunan yang tahan api tentu lebih baik dan bisa meminimalisir penyebaran api apabila terjadi kebakaran.

Beton merupakan salah satu bahan yang tahan terhadap api dan tidak mudah terbakar, serta mempunyai daya tahan yang baik. Material seperti aluminium dan baja dikenal sebagai bahan tahan api dan mempunyai ketahanan yang baik juga.

Sementara itu, bahan lainnya yang diklaim tahan api yaitu kaca tahan panas. Kaca tahan panas dapat digunakan untuk jendela atau dinding untuk mengurangi risiko terjadinya api.

4. Memilih Bahan yang Mudah Dirawat

Selain memilih bahan yang tahan api, Anda juga harus memilih bahan yang mudah dirawat. Lantai keramik atau granit, kedua jenis bahan tersebut diklaim tahan air dan mudah dibersihkan apabila kotor.

Permukaan meja yang terbuat dari granita tau keramik juga tentu lebih mudah dibersihkan walaupun hanya menggunakan air. Dinding yang dicat dengan cat tahan luntur tentu akan lebih mudah dibersihkan tanpa harus khawatir meninggalkan noda atau bekas.

Bahan dasar yang tahan terhadap air dan tahan lama seperti kayu keras, baja atau aluminium untuk frame pintu. Pilih bahan yang tahan lama dan mudah diperbaiki seperti kaca tempered, PVC, atau aluminium untuk keperluan jendela dan pintu.

5. Memilih Bahan yang Hemat Energi

Tips yang terakhir yaitu memilih bahan yang hemat energi. Menggunakan bahan yang dapat membantu mengurangi konsumsi energi tentu membuat rumah Anda lebih hgemat biaya dan ramah lingkungan.

Bahan yang mempunyai isolasi baik seperti lapisan isolasi dari bahan alam dapat membantu menjaga suhu rumah stabil dan mengurangi konsumsi energi untuk pemanasan atau pendinginan.

Pilihlah jendela dan pintu yang dirancang untuk mengurangi masuknya cahaya matahari yang tidak diinginkan. Pilih sistem ventilasi yang dirancang untuk menjaga udara dalam rumah tetap segar dan mengurangi konsumsi energi untuk pemanasan dan pendinginan.

Pilih juga lampu efisien dari segi energi, pilihlah lampu LED atau lampu fluorescent yang dinilai dapat mengurangi konsumsi energi. Tidak hanya itu, Anda juga perlu mempertimbangkan bahan yang bisa didaur ulang.

Memilih bahan yang ramah lingkungan dan bisa didaur ulang merupakan salah satu cara untuk memastikan bahwa rumah Anda akan sesuai dengan lingkungan dan hemat dalam jangka waktu yang panjang.

Dapatkan Bahan Bangunan Berkualitas di Buka Bangunan

Setelah Anda mengetahu informasi di atas, kini Anda bisa mendapatkan bahan bangunan berkualitas hanya di Buka Bangunan. Kami merupakan distributor bahan bangunan yang menyediakan berbagai produk untuk keperluan bangunan.

Di Buka Bangunan, belanja lebih tenang karena transaksi berlangsung 100% aman didukung oleh Mitra Bukalapak. Selain itu, kami juga selalu menyediakan bahan bangunan yang lengkap dan stok selalu ada. Kami memberi jaminan barang sampai maksimal 3×24 jam tergantung pada musim dan kondisi cuaca.